Membangun Sulut Dengan Iman, Budaya dan IpTek
Peringkat Unsrat, Unima, SulutIptek dan Universitas Lain Versi Webometric.
 
Oleh, Dr. Fabian J. Manoppo
Baru saja saya membaca di sebuah media online bahwa Universitas SamRatulangi Manado masuk 34 besar kategori penggunaan Teknologi Informasi. Kabar ini tentunya mengembirakan bagi para pemerhati pendidikan teristimewa para civitas akademikanya. Merasa penasaran saya coba membuat suatu survei kecil dengan menggunakan standar situs Webometric dengan bantuan form dari situs ayo-cari.com. Bagaimana metode perhitungannya dapat diikuti sebagai berikut.
 
Webometric dikenal sebagai sebuah situs yang menghitung peringkat Perguruan Tinggi di dunia berdasarkan konten yang ada / terkait dengan Perguruan Tinggi tersebut. Metode yang digunakan sebenarnya tidaklah rumit, mereka hanya memanfaatkan hasil yang diperoleh dari search engine. Salahsatunya adalah dengan menggunakan Google.

Ada 4 parameter yang digunakan dalam penilaian tersebut. Berikut adalah ke-4 tersebut disertai keterangan (interpretasi) singkat.

  1. Visibility (50%): seberapa banyak situs/page lain yang mempunyai link ke website PT tersebut.

  2. Size (20%): seberapa banyak subdomain atau page yang berada dibawah domain itu website PT tersebut.

  3. Rich File (15%): seberapa banyak file multimedia yang ada di dalam website PT tersebut, diantaranya dalam format: pdf, .ps, .ppt, .doc.

  4. Scholar (15%): seberapa banyak dokumen ilmiah yang ada pada website tersebut yang dapat diakses melalui Google Scholar.

Visualisasi Hasil Searching Google

Anda melakukan perbandingan situs unsrat.ac.id dengan situs unima.ac.id.
Grafik berikut adalah visualilasi dari hasil pencarian melalui Google, sebagai salah satu Search Engine yang digunakan dalam penilaian oleh WebOmetric

Tabel Hasil Perhitungan Google Unsrat vs Unima

Situs unsrat.ac.id unima.ac.id
Visibility 0 29
Size 9660 134
Rich Files 272 0
Scholar 0 0

Tabel Hasil Perhitungan Google Unsrat vs Saga University Japan

Situs unsrat.ac.id saga-u.ac.jp
Visibility 0 208
Size 9660 137000
Rich Files 272 1730
Scholar 0 2630

Tabel Hasil Perhitungan Google Unsrat vs ITB Bandung

Situs unsrat.ac.id itb.ac.id
Visibility 0 567
Size 9660 180000
Rich Files 272 2170
Scholar 0 5470

Tabel Hasil Perhitungan Google Unsrat dan SulutIpTek

Situs unsrat.ac.id sulutiptek.com
Visibility 0 0
Size 9660 4630
Rich Files 272 0
Scholar 0 0

Dari hasil perhitungan diatas dapat disimpulkan bahwa jika Unsrat dibandingkan dengan ITB dan Saga University Jepang maka hasilnya masih kalah jauh, terutama dibidang publikasi dan data-data pdf,ppt dll. Sementara dibandingkan dengan website pendidikan umum seperti SulutIpTek.com yang masih baru beberapa bulan terlihat juga bahwa Unsrat dan Unima sebagai kebanggaan warga Sulawesi Utara harus banyak melakukan peningkatan dibidang Teknologi Informasi. 
 
Semoga survei yang sederhana ini bisa memberikan gambaran kepada kita terutama kepada para pemerhati dan peduli dibidang pengembangan pendidikan di Indonesia dan juga terutama kepada para pengambil kebijakan agar lebih mau berupaya untuk pengembangan hal-hal yang masih dianggap kurang.
 
 
Loading

 



Juni 2011 © LSM Pendidikan Silo (NGO) & LSM Pemberdayaan Teknologi dan Perkotaan (NGO)
Penanggung Jawab :