Membangun Sulut Dengan Iman, Budaya dan IpTek
   Home      kualitas jalan
Pekerjaan HotMix di Sulut Tidak Sesuai Standar
 
Berjalan di ruas jalan jalan yang ada di Sulut sangat terasa ada yang kurang baik pertama umur rencana jalan yang seringkali baru dibuat sudah rusak umumnya tidak lebih dari lima tahun sudah ada lubang2 kenapa hal ini sampai terjadi beberapa penyebabnya antara lain kualitas material mulai dari agregate kasar (Batu Pecah), Agregat Halus (Pasir), Bahan Pengisi/Filler (Abu Batu) serta jumlah aspal yang tidak sesuai. Kemudian metode pelaksanaan di lapangan yang juga tidak sesuai seperti kemiringan bahu jalan yang kurang dari 5-8%, suhu hampar seringkali di bawah 110^0, alat alat hampar yg kurang baik seperti tandem, tired roller dan finisher juga kebersihan jalan lama serta aspal coating.
 
Kenapa hal ini masih terjadi disamping krn kualitas SDM yg kurang juga disebabkan oleh pungutuan atau fee proyek yang seringkali terlalu besar sehingga kontraktor tidak bisa memenuhi standar desain yg disyaratkan.
 
Pengawasan yang baik serta tanggung jawab dari pihak pihak terkait sangat diperlukan sehingga negara tidak dirugikan serta masyarakat dapat menikmati sarana & prasarana secara baik. Semoga

Loading

 



Juni 2011 © LSM Pendidikan Silo (NGO) & LSM Pemberdayaan Teknologi dan Perkotaan (NGO)
Penanggung Jawab :